Jaksa Menyapa Dengan Tema ” Pengembalian Barang Bukti Pada Kejari Brebes”

Kamis, 21 Maret 2019. Kejari Brebes malaksanakan kegiatan On air / Siaran radio dialog interaktif dalam Program Jaksa Menyapa dengan Tema “Tata Cara Pengembalian Barang Bukti pada Kejakasaan Negeri Brebes.

Dalam acara tersebut, Narasumber dari Kejari Brebes,
Kepala Seksi Pengelola Barang Bukti dan Barang Rampasan Yansen Dau, SH., MH. dan Jaksa fungsional, Setiya Adi B., SH.

Dalam acara tersebut dijelaskan tentang tata cara pengembalian barang bukti pada Kejari Brebes.
Bahwa setelah proses sidang selesai barang bukti dapat dititipkan / dikembalikan kepada mereka dari siapa saja benda itu disita atau kepada mereka yang paling berhak apabila :
a. Kepentingan penuntutan tidak diperlukan lagi
b. Sangat dibutuhkan oleh pemiliknya ;
c. Penetapan pengadilan atas putusan yang belum berkekuatan hukum tetap.

Yansen juga menambahkan, Bahwa tidak semua barang bukti itu dikembalikan, kecuali pengadilan menentukan lain bisa dirampas untuk negara maupun bisa dirampas untuk dimusnakan.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan program unggulan Kejari Brebes yaitu, mengantar barang bukti ke tempat terdakwa maupun kepada pemilik barang bukti dan sudah berjalan.

Sekiranya untuk masalah pengembalian barang bukti, masyarakat untuk pro aktif datang ke kantor untuk mengambil barang bukti, maupun datang kekantor untuk melihat maupun ikut merawat sama – sama barang bukti miliknya meskipun sekedar untuk memanasi, memasang selimut. Dan sekiranya dengan adanya program Jaksa Menyapa dapat bermanfaat bagi masyarkat luas khususnya masyarakat Brebes yang akan mengambil barang bukti tanpa adanya biaya.

author
No Response

Leave a reply "Jaksa Menyapa Dengan Tema ” Pengembalian Barang Bukti Pada Kejari Brebes”"